PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRIDI KELAS IV SD 128 PANATAKAN KEC. BUNGIN KAB. ENREKANG

YUNI KARLINA NUR INDAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRIDI KELAS IV SD 128 PANATAKAN KEC. BUNGIN KAB. ENREKANG.

[img] Text
sampul depan skripsi yuni.docx

Download (26kB)
[img] Text
halaman depan skripsi yuni.docx

Download (54kB)
[img] Text
skripsi yuni.docx

Download (1MB)

Abstract

Yuni Karlina Nur Indah. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SD 128 Panatakan Kec. Bungin Kab. Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd,. M.Pd dan Drs. Andi Makassau, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV dalam mata pelajaran IPA di SD 128 Panatakan Kec. Bungin Kab. Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan Inkuiri pada siswa kelas IV SD 128 Panatakan Kec. Bungin Kab. Endrekang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan Inkuiri kelas IV Sekolah Dasar 128 Panatakan Kec. Bungin Kab. Enrekang. Dalam kegiatan pelaksanaan ini, guru bertindak sebagai fasilitator dan memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan peneliti bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada setiap siklusnya dimana dalam setiap siklus hasil belajar IPA melalui penerapan Inkuiri mengalami peningkatan yaitu siklus I (pertemuan I dan II) berada pada kategori Cukup (C) dan pada siklus II (pertemuan I dan II) hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran melalui pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:13
Last Modified: 20 Oct 2023 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34408

Actions (login required)

View Item View Item