PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

H A S N A H (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II SDN MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman Judul.docx

Download (66kB)
[img] Text
Halaman Sampul E-TA.docx

Download (83kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.docx

Download (21kB)
[img] Text
Moto, Abstrak, Prakata.docx

Download (34kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (20kB)
[img] Text
Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.docx

Download (28kB)
[img] Text
Skripsi.docx

Download (16MB)

Abstract

Hasnah, 2014, Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj.Rosdiah Salam, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah adalah bagaimanakah penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan, dengan prosedur kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Subjek penelitian, 1 guru dan 26 siswa kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Dari hasil observasi guru siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi kategori baik. Dari hasil belajar aktivitas belajar siswa pada siklus I, keterampilan berbicara siswa dalam penggunaan media gambar dikategorikan kurang terampil. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang dikategorikan terampil pada siklus II. Dengan demikian penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:00
Last Modified: 20 Oct 2023 02:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34400

Actions (login required)

View Item View Item