PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MELALU MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) PADA MURID KELAS V SD NEGERI NO 51 LAUWA KABUPATEN TAKALAR

FITRIANI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MELALU MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) PADA MURID KELAS V SD NEGERI NO 51 LAUWA KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (95kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (31kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
HASIL PEROLEHAN TES MENYIMAK CERITA MURID.docx

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR KERJA SISWA SIKLUS I.docx

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR KERJA SISWA SIKLUS II.docx

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR OBSERVASI GURU.docx

Download (18kB)

Abstract

FITRIANI. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Melalui Model Pembelajaran Koperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) Kelas V SD Negeri 51 lauwa Kabupaten Takalar.” Skripsi Program Sarjana pendidikan pada jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar yang di bimbing oleh Drs. Lutfi B, M. Kes. Pembimbing I. dan Dra. Tatiana meidina, M.Si. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada murid Kelas V SD Negeri 51 lauwa Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemmpuan menyimak cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah murid Kelas V SD Negeri 51 lauwa Kabupaten Takalar. sebanyak 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar menyimak cerita dari 18 orang jumlah keseluruhan murid hanya 9 orang yang tuntas, sehingga masih perlu dilakukan perbaikan dikarenakan nilai perolehan masih belum tuntas dari segi KKM. Maka dilanjutkan ke siklus II dari 18 murid yang sudah tuntas sebanyak 15 orang. Pada pelaksanaan siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menyimak cerita murid Kelas V SD Negeri 51 lauwa Kabupaten Takalar melalui penerapan model kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:27
Last Modified: 20 Oct 2023 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34397

Actions (login required)

View Item View Item