PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 323 TUKOMBENG KECAMATAN UJUNG KABUPATEN BULUKUMBA

ST. NURSIAH. A (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM-GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 323 TUKOMBENG KECAMATAN UJUNG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
PENGANTAR N SAMPUL.docx

Download (89kB)
[img] Text
BAB I-V.docx

Download (127kB)
[img] Text
14 Daftar nilai Siklus II pert-1.docx

Download (15kB)
[img] Text
15 Observasi guru&siswa (Siklus 2 pert-2).docx

Download (38kB)
[img] Text
16 Soal Siklus II pert-2.docx

Download (17kB)

Abstract

ST. Nursiah. A, 2014. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team-Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 323 Tukombeng Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Dibimbing oleh: Dra. Hj. Rosdiah Salam, M. Pd. dan Andi Dewi Riang Tati, S. Pd., M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Matematika melalui model Kooperatif Tipe Team-Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SD Negeri 323 Tukombeng Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 323 Tukombeng yang berjumlah 20 orang terdiri atas 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Games Tournament (TGT). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika melalui penerapan model Kooperatif Tipe Team-Games Tournament (TGT) yang dilihat dari hasil tes formatif dan setiap siklus mengalami peningkatan. Hasil analisis data disimpulkan bahwa model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:43
Last Modified: 19 Oct 2023 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34388

Actions (login required)

View Item View Item