PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWAKELAS V SD NEGERI 88 BATUKAROPA KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA

SITTI FATIMAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWAKELAS V SD NEGERI 88 BATUKAROPA KECAMATAN RILAU ALE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (79kB)
[img] Text
PTK St. Fatima.docx

Download (79kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (80kB)
[img] Text
DocFOTO PRAKTEK 2.docx

Download (906kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP (2).docx

Download (46kB)

Abstract

SITTI FATIMAH, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri 88 Batukaropa Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Skripsi, dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si. dan Drs. Latri, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 88 Batukaropa Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 88 Batukaropa Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 88 Batukaropa Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 88 Batukaropa Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba dengan jumlah siswa 23 orang. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dilihat pada siklus I aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup, pada siklus II aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik, dan pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar siswa berada pada kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai hasil belajar siswa sudah berada pada kategori baik sekali dan kriteria ketuntasan minimal siswa sudah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD Negeri 88 Batukaropa Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 02:02
Last Modified: 19 Oct 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34384

Actions (login required)

View Item View Item