Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas V SD NO 225 Inpres Rita Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar

SUNARTI (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas V SD NO 225 Inpres Rita Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.

[img] Text
sampul-ku.docx

Download (68kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV- V.docx

Download (59kB)
[img] Text
RPP SIKLUS 1.docx

Download (2MB)
[img] Text
RPP SIKLUS 2.docx

Download (450kB)
[img] Text
Ob. 1.docx

Download (31kB)
[img] Text
Ob 2.docx

Download (30kB)

Abstract

SUNARTI 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas V SD NO 225 Inpres Rita Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. E-TA. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si dan Dr. Wahira, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis paragraf. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas V SD No 225 Inpres Rita Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas V SD No 225 Inpres Rita Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan 2) Keterampilan menulis paragraf. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD No 225 Inpres Rita Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian bahwa: Pada siklus I proses pembelajaran guru dan belajar siswa berada pada kategori cukup serta keterampilan menulis paragraph siswa berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II proses pembelajaran guru dan belajar siswa berada pada kategori baik serta keterampilan menulis paragraph anak berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas V SD No 225 Inpres Rita Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:59
Last Modified: 18 Oct 2023 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34379

Actions (login required)

View Item View Item