Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

Nusriana (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (49kB)
[img] Text
sampul.docx

Download (25kB)
[img] Text
surat kterangan.docx

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV-V.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (46kB)

Abstract

Nusriana. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau M. Si dan Drs. Lutfi B, M. Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran Matematika dan hasil belajar murid kelas V. Subjek penelitian adalah seorang guru dan murid kelas V yang berjumlah 25 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori Cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktifitas murid pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar murid berada pada kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika dapat Meningkatkan Hasil Belajar Murid Kelas V SDN 030 Inpres Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:03
Last Modified: 18 Oct 2023 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34372

Actions (login required)

View Item View Item