Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Garuda Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Nurintan (2023) Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Garuda Kecamatan Mariso Kota Makassar.

[img] Text
Sampul e-TA.docx

Download (87kB)
[img] Text
BAB 1-3.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB 4 - 5.docx

Download (36kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (77kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (20kB)

Abstract

Nurintan, 2014. Penerapan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Garuda Kecamatan Mariso Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Garuda Kecamatan Mariso Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Garuda Kecamatan Mariso Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah meode eksperimen dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang dicapai setelah menerapkan metode eksperimen selama dua siklus adalah: 1) aktivitas mengajar guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik, 2) aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik, 3) adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Garuda Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 06:42
Last Modified: 18 Oct 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34368

Actions (login required)

View Item View Item