PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SDN NO. 61 PUNTONDO KECAMATAN MANGNGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR

ROSNAENI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SDN NO. 61 PUNTONDO KECAMATAN MANGNGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Sampul Rosnaeni.docx

Download (70kB)
[img] Text
Bab I Rosnaeni.docx

Download (28kB)
[img] Text
Bab II Rosnaeni Baru.doc

Download (144kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Rosnaeni.docx

Download (29kB)
[img] Text
Lampiran Lengkap Rosnaeni.docx

Download (235kB)
[img] Text
LKS Siklus I Rosnaeni.docx

Download (24kB)
[img] Text
LKS Siklus II Rosnaeni.docx

Download (27kB)

Abstract

Rosnaeni 2014. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VI SDN No. 61 Puntondo Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd.M.Pd. dan Sumarlin Mus, S.Pd.M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SDN No. 61 Puntondo Kecamatan Mangngarabombang Kabupaten Takalar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SDN No. 61 Puntondo Kecamatan Mangngarabombang Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatid dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah 1) penerapan pembelajaran matematika realistik dan 2) hasil belajar matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas VI yang berjumlah 22 siswa dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam konsep menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran dan volume prisma segitiga di kelas VI mengalami peningkatan melalui pembelajaran matematika realistik di kelas. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori rendah sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melelui penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN No. 61 Puntondo Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:14
Last Modified: 18 Oct 2023 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34359

Actions (login required)

View Item View Item