PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURIDKELAS IV SD INPRES NO. 120 KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

JUMRIANI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURIDKELAS IV SD INPRES NO. 120 KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (30kB)
[img] Text
lampiran depan sampul dll.docx

Download (135kB)
[img] Text
skripsi anni baru.docx

Download (133kB)
[img] Text
lampiran skripsii.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP (2).doc

Download (41kB)

Abstract

Jumriani, 2014, Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAPada Murid Kelas IV SD Inpres No. 120 Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Muh Faisal, M. Pd Dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dengan rumusan masalah bagaimanakah penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada murid kelas IV SD Inpres No. 120 Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dalam meningkatkan hasil belajar IPA Pada murid kelas IV SD Inpres No. 120 Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis peneilitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah murid kelas IV sebanyak 19 murid yang terdiri dari 12 murid laki-laki dan 7 murid perempuan dan 1 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih mmenunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas murid pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori amat baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar murid dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Inpres No. 120 Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:00
Last Modified: 13 Oct 2023 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34314

Actions (login required)

View Item View Item