NURMAYASARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MURID KELAS VB SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
Sampul.docx Download (19kB) |
|
Text
sampul blkang.docx Download (127kB) |
|
Text
bismillah tutup.docx Download (15MB) |
|
Text
silabus 1.docx Download (801kB) |
|
Text
silabus 2.docx Download (801kB) |
Abstract
Nurmayasari. 2015 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Murid Kelas VB SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd dan Nurhaeda S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji masalah tentang rendahnya hasil belajar murid kelas VB pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA murid kelas VB SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar ? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA murid kelas VB SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan peningkatan hasil belajar IPA.Setting penelitian bertempat di SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru/wali VB dan murid kelas VB yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 13 murid laki-laki dan 11 murid perempuan. Tekhnik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) meningkatkan aktivitas guru dan murid dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar murid setiap siklus, yaitu pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan karena telah memenuhi kriteria ketuntasan minimun dan berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas VB SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Achievement Division (STAD) meningkat
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 05:59 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 05:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34297 |
Actions (login required)
View Item |