FITRIANI. (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKANKETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWADIKELAS IVA SD NEGERI SUDIRMAN 1 KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (17kB) |
|
Text
MOTTO, ABSTRAK,PRAKATA.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (543kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
riwayat hidup.docx Download (51kB) |
Abstract
FITRIANI. 2015. Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Di Kelas IV A SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar. Dibimbing oleh Dra. Hj Nurhaedah, M. Si dan Dra. Amrah, S.Pd.,M.Pd. Pada Program Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa di kelas IV A SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa di kelas IV A SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa di kelas IV A SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian adalah penerapan metode Mind Mapping dan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Setting penelitian dilaksanakan di SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV A SD Negeri Sudirman 1 yang berjumlah 37 orang siswa, yang terdiri dari 18 laki-laki dan 19 orang perempuan. Prosedur penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh pada siklus I keterampilan menulis karangan narasi siswa masih berada pada kategori cukup dan aktivitas belajar siswa juga masih termasuk kategori cukup , sedangkan hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus II sudah mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori sangat baik dan aktivitas belajar siswa sudah berada pada kategori baik. Kesimpulannya dengan penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa di kelas IV A SD Negeri Sudirman 1 Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:45 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 02:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34286 |
Actions (login required)
View Item |