PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KELAS IV SD INPRES KECAMATANBONTONOMPO KABUPATEN GOWA

SAJALI RAIS (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA KELAS IV SD INPRES KECAMATANBONTONOMPO KABUPATEN GOWA.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (30kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (75kB)
[img] Text
Motto.docx

Download (31kB)
[img] Text
SKRIPSI AIS.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

SAJALI RAIS. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw Pada Kelas IV SD Inpres Katangka Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Skripsi ini dibimbing oleh dosen Dr. Andi Makkasau, M.Si selaku pembimbing I dan Drs. Lutfi B, M.Kes Selaku pembimbing II Prongram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dari penelitian ini rendahnya hasil belajar murid pada kelas IV SD Inper Katangka Dengan NIlai Rata-Rata 50.00dari standar nilai ketuntasan 70.00, rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di kelas IV SD Inpres Katangka Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Katangka Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas kelas IV SD Inpres Katangka yang berjumlah 20 murid yang terdiri 12 murid laki-laki dan 8 murid perempuan. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA dikelas kelas IV SD Inpres Katangka setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar murid pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II meningkat hasil belajar IPA menjadi kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkat hasil belajar IPA pada murid kelas kelas IV SD Inpres Katangka Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:14
Last Modified: 11 Oct 2023 03:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item View Item