PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SRIWAHYUNI TOHIR (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES GUNUNG SARI BARU KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (103kB)
[img] Text
bab 1-3.rtf

Download (501kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
foto selama penelitian.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (53kB)

Abstract

Sriwahyuni Tohir. 2014 . Perapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh: Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd dan Dr. Hasaruddin Hafid,M.Ed. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa dan guru kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar. Guru cenderung menciptakan situasi yang tidak kondusif di dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar.Sumber data dalam penelitian ini adalah perangkat penelitian yang terdiri dari siswa dan guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang terdiri dari hasil tes belajar dan hasil observasi. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kesimpulan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match pada mata pelajaran IPA dikelas V SD Inpres Gunung Sari Baru Kota Makassar memberikan peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan terhadap para siswa.Ini dapat dibuktikan dalam 2 siklus yang dilaksanakan dan terjadi peningkatan dalam tiap siklus dibanding dengan sebelum diadakan tindakan penelitian yaitu pada siklus I keberhasilan siswa sebesar 56,5 % yaitu berada pada kategori cukup dan pada siklus II keberhasilan siswa sebesar 95,6 % berada pada kategori sangat baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:18
Last Modified: 06 Oct 2023 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34266

Actions (login required)

View Item View Item