PENINGKATAN HASIL BELAJAR METEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN 05 PADONGKO KABUPATEN BARRU

HAMSIYAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR METEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN 05 PADONGKO KABUPATEN BARRU.

[img] Text
A. SAMPUL.docx

Download (35kB)
[img] Text
B. HALAMAN AWAL.docx

Download (33kB)
[img] Text
C. PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (28kB)
[img] Text
D. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
D. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (19kB)
[img] Text
E. MOTTO.docx

Download (19kB)
[img] Text
F. ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
G. PRAKATA.docx

Download (21kB)
[img] Text
H. DAFTAR-DAFTAR.docx

Download (29kB)
[img] Text
Hasil BAB I - V.docx

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (42kB)

Abstract

Hamsiyah, 2014. Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa Kelas IV SDN 05 Padongko Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed dan Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas IV SDN 05 Padongko Kabupaten Barru. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas IV di SDN 05 Padongko Kabupaten Barru. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik tentang bilangan Bulat di kelas IV SDN 05 Padongko Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tindakan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 05 Padongko Kabupaten Barru yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi, serta analisis data yaitu menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV SDN 05 Padongko Kabupaten Barru dengan nilai rata-rata hasil belajar Matematika pada Siklus I masuk pada kategori cukup dan pada Siklus II meningkat yaitu berada pada ketegori baik sekali. Kesimpulan adalah melalui Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN 05 Padongko Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:45
Last Modified: 06 Oct 2023 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34264

Actions (login required)

View Item View Item