PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASAINDONESIA DI SD INPRES NO.48 MATTIROWALIE KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

VIVI NOVITASARI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASAINDONESIA DI SD INPRES NO.48 MATTIROWALIE KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU.

[img] Text
LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.docx

Download (73kB)
[img] Text
Isi Skripsi BAB I-BAB V.docx

Download (133kB)
[img] Text
~$s akhir siklus terbaru.docx

Download (162B)
[img] Text
tes akhir siklus terbaru.docx

Download (51kB)
[img] Text
riwayat hidup (lampiran 38).docx

Download (44kB)

Abstract

Vivi Novitasari. 2014. Penerapan Model Pebelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia di SD Inpres No.48 Mattirowalie Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Rosdiah Salam, M.Pd. dan Dra.Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan rumusan masalah, bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada keterampilan menyimak bahasa Indonesia di SD Inpres No.48 Mattirowalie Kecamatan Barru Kabupaten Barru? Tujuan penelitian yaitu untuk menjelaskan menerapkan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam meningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada keterampilan menyimak bahasa Indonesia di SD Inpres No.48 Mattirowalie Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian yakni, penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan peningkatan hasil belajar keterampilan menyimak. Setting penelitian yaitu, di SD Inpres No.48 Mattirowalie Kecamatan Barru Kabupaten Barru dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 guru dan siswa kelas IV sebanyak 30 orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I meunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari kategori cukup pada siklus I dan menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada keterampilan menyimak bahasa Indonesia di SD Inpres No.48 Mattirowalie Kecamatan Barru Kabupaten Barru.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 06:36
Last Modified: 06 Oct 2023 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34263

Actions (login required)

View Item View Item