PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD INPRES TAMAMUNG III MAKASSAR

AYU HARDIYANTI YAHYA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD INPRES TAMAMUNG III MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (24kB)
[img] Text
2. SAMPUL DEPAN PRINT.docx

Download (68kB)
[img] Text
SKRIPSI HASIL.docx

Download (138kB)
[img] Text
DATA HASIL TES SIKLUS 1 BGSSSS.docx

Download (20kB)
[img] Text
DATA HASIL TES SIKLUS I.docx

Download (14kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (43kB)

Abstract

AYU HARDIYANTI YAHYA, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika kelas V SD Inpres Tamamung III Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd,M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini, yaitu: Bagaimanakah Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SD Inpres Tamamung III Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Tamamung III Kota Makassar sebanyak 38 orang yang terdiri dari 23 orang perempuan dan 15 orang laki-laki dengan materi Operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk pecahan biasa dan campuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus dengan nilai rata-rata hasil belajar Matematika pada Siklus I berada pada kategori cukup (belum tuntas), selanjutnya pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada ketegori baik (tuntas). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas V SD Inpres Tamamung III Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:09
Last Modified: 06 Oct 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34252

Actions (login required)

View Item View Item