PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 48 DUAMPANU KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

MUFTI SYAIFUDDIN (2023) PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 48 DUAMPANU KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
sampul depan.docx

Download (35kB)
[img] Text
h Sampul kedua,Penyataan Keaslian, Moto, Abstrak, Prakata, Daftar Isi.docx

Download (78kB)
[img] Text
a BAB 1,2,3.docx

Download (65kB)
[img] Text
d Lampiran Lembar Observasi Siswa.docx

Download (62kB)
[img] Text
e Data hasil belajar siklus 1 dan 2.docx

Download (28kB)
[img] Text
f Perbandingan Tes siklus 1 dan 2.docx

Download (18kB)
[img] Text
g Dokumentasi Penelitian.docx

Download (2MB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (31kB)

Abstract

Mufti Syaifuddin. Penerapan Model Team Assisted Individualiztion (TAI) Pada Mata Pelajaran PKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 48 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Suarlin, M.Si dan Dra. Hj. Syamsiah D, S. Pd, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 48 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Team Assisted Individualizatioan (TAI) dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 48 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil observasi aktifitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan meningkat pada hasil observasi siklus II yaitu menjadi baik. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes hasil belajar siswa meningkat dari sikulus I berada dalam kategori cukup dan meningkat pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan Model Team Assisted Individualiualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 48 Duampanua Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:53
Last Modified: 03 Aug 2023 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33367

Actions (login required)

View Item View Item