Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini kota Makassar

OKTOVIANUS NANDOTRAI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini kota Makassar.

[img] Text
pisah daftar isi.docx

Download (36kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (582kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (51kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Text
riwayat.docx

Download (31kB)

Abstract

OKTOVIANUS NANDOTRAI. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh, Nurhaedah, S.Pd, M.Pd. dan Dra,Hj,Nonci.,M.Si pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Inpres BTN IKIP II Kecamatan Rappocini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan seorang guru kelas V sebagai observer serta seluruh siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP II yang berjumlah 29 siswa, dengan rincian siswa laki-laki dan siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn . Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran PKn. Hasil penelitian yaitu pada siklus I penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar PKn berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan yakni mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar PKn meningkat mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:08
Last Modified: 03 Aug 2023 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33357

Actions (login required)

View Item View Item