PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

MULI’ AINI MUNIR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES KASSI-KASSI I KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (16kB)
[img] Text
sampul kedua skripsi MULI.docx

Download (973kB)
[img] Text
BAB I repaired.docx

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN (Repaired).docx

Download (7MB)
[img] Text
Lampiran 33.docx

Download (53kB)

Abstract

Muli’ Aini Munir2017. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Latri, S.Pd, M.Pd dan Kherunnisa, S.Pd,I, MA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) unuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelasV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subyek penelitian 1 orang guru dan 36 orang siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Sedangkan hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun nilai hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori tidak tuntas (TT) dan siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori tuntas (T). Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipeTeam Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 02:46
Last Modified: 03 Aug 2023 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33355

Actions (login required)

View Item View Item