PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANNYIKKOKANG IKOTA MAKASSAR

RAHMAWATY MAKNUN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANNYIKKOKANG IKOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL dll.docx

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (93kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (45kB)
[img] Text
0BSERVASI SISWA S1 P2.docx

Download (46kB)
[img] Text
data nilai hasil siklus 2.docx

Download (50kB)
[img] Text
Dokementasi.docx

Download (742kB)
[img] Text
RIWAYAT PENDIDIKAN.docx

Download (62kB)

Abstract

Rahmawaty Maknun, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Latang, M.Pd dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar ? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dan peningkatan hasil belajar Matematika. Setting penelitian bertempat di SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar dengan subjek penelitian terdiri dari guru/wali kelas IV dan siswa kelas IV yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Pannyikkokang I Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:43
Last Modified: 03 Aug 2023 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33348

Actions (login required)

View Item View Item