PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS TANDUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI MONGISIDI II MAKASSAR

ENGGAR SULISTIA (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBASIS TANDUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI MONGISIDI II MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (1MB)
[img] Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (14kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI.docx

Download (25kB)
[img] Text
5 SKRIPSI sdh edit hlmn.docx

Download (133kB)
[img] Text
6 tulisan lmpiran.docx

Download (10kB)
[img] Text
7 lampiran siklus I (Repaired).docx

Download (187kB)
[img] Text
8 lampiran siklus II (Repaired).docx

Download (382kB)
[img] Text
9 ANALISIS KETUNTASAN HASIL BELAJAR MURID SIKLUS I.docx

Download (45kB)
[img] Text
12 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (137kB)

Abstract

Enggar Sulistia, 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Berbasis TANDUR dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Mongisidi II Makassar. Skipsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd dan Dr. Latang, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Mongisidi II Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Quantum Teaching berbasis TANDUR dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Mongisidi II Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajran Quantum Teaching berbasis TANDUR dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Mongisidi II Makassar.pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penerapan strategi pembelajaran Quantum Teaching berbasis TANDUR pada mata pelajaran IPA dan hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa adalah 39 orang, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar murid siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat yaitu berada dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Mongisidi II Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:25
Last Modified: 24 Jul 2023 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33154

Actions (login required)

View Item View Item