JUMRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN MONCOBALANG 1 KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA.
Text
1-SAMPUL DEPAN.docx Download (31kB) |
|
Text
2- SAMPUL JUDUL fix.docx Download (89kB) |
|
Text
3- DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (55kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (50kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 SILABUS.docx Download (21kB) |
|
Text
LAMPIRAN 6 & 7 OBSERVASI GURU SIKLUS I.docx Download (77kB) |
|
Text
LAMPIRAN 8 & 9 OBSERVASI SISWA SIKLUS I.docx Download (77kB) |
|
Text
LAMPIRAN 25 DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (80kB) |
Abstract
Jumriani, 2017.Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe ExampleExampleUntukMeningkatkanHasilBelajarmatematikaPadaSiswaKelas V SDNegeri Moncobalang1 KecamatanBarombongKabupatenGowa.Skripsi. Dibimbingoleh Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.PddanNurhaedah, S.Pd.,M.Hum. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMakassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswakelas V.Adapun rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajarankooperatif tipe Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa ?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajarankooperatif tipe Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar matematikapada siswa kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalahpenelitiantindakankelasyang terdiriatasduasiklus, tiap siklusnya terdiridariduapertemuan, dengantahapankegiatanmeliputiperencanaan, pelaksaan, pengamatan, danrefleksi. Fokus penelitianterdiridaripenerapan model pembelajarankooperatiftipeExample Non Exampledanhasilbelajarmatematika. Setting penelitianbertempatdi SD NegeriMoncobalang 1 KecamatanBarombongKabupatenGowadengansubjekpenelitianyangterdiridari 1 orang guru dansiswakelas Vyangberjumlah 27 siswa.Teknikdanprosedurpengumpulan data menggunakanobservasi, tes, dandokumentasi, sedangkan analisis data dengananalisiskualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatankualitaspembelajaran, baikpadaaktivitasmengajar guru danaktivitasbelajarsiswa.Hasilobservasiaktivitasmengajar gurudanaktivitasbelajarsiswapadasiklus I beradapadakategoricukup, sedangkansiklus II mengalamipeningkatan yang beradapadakategoribaik. Hasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikapadasetiapsiklusmengalamipeningkatan, siklus I beradapadakategoricukup, danpadasiklus II hasilbelajarsiswameningkatdengankategoribaik. Kesimpulanhasilpenelitianiniyaitu bahwa denganmenerapkan model pembelajarankooperatiftipeExample Non Example dapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikapada siswa kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 02:32 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 02:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33123 |
Actions (login required)
View Item |