PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN MONCOBALANG 1 KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA

JUMRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN MONCOBALANG 1 KECAMATAN BAROMBONG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
1-SAMPUL DEPAN.docx

Download (31kB)
[img] Text
2- SAMPUL JUDUL fix.docx

Download (89kB)
[img] Text
3- DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 SILABUS.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6 & 7 OBSERVASI GURU SIKLUS I.docx

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN 8 & 9 OBSERVASI SISWA SIKLUS I.docx

Download (77kB)
[img] Text
LAMPIRAN 25 DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (80kB)

Abstract

Jumriani, 2017.Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe ExampleExampleUntukMeningkatkanHasilBelajarmatematikaPadaSiswaKelas V SDNegeri Moncobalang1 KecamatanBarombongKabupatenGowa.Skripsi. Dibimbingoleh Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.PddanNurhaedah, S.Pd.,M.Hum. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMakassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswakelas V.Adapun rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajarankooperatif tipe Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa ?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajarankooperatif tipe Example Non Example untuk meningkatkan hasil belajar matematikapada siswa kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalahpenelitiantindakankelasyang terdiriatasduasiklus, tiap siklusnya terdiridariduapertemuan, dengantahapankegiatanmeliputiperencanaan, pelaksaan, pengamatan, danrefleksi. Fokus penelitianterdiridaripenerapan model pembelajarankooperatiftipeExample Non Exampledanhasilbelajarmatematika. Setting penelitianbertempatdi SD NegeriMoncobalang 1 KecamatanBarombongKabupatenGowadengansubjekpenelitianyangterdiridari 1 orang guru dansiswakelas Vyangberjumlah 27 siswa.Teknikdanprosedurpengumpulan data menggunakanobservasi, tes, dandokumentasi, sedangkan analisis data dengananalisiskualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatankualitaspembelajaran, baikpadaaktivitasmengajar guru danaktivitasbelajarsiswa.Hasilobservasiaktivitasmengajar gurudanaktivitasbelajarsiswapadasiklus I beradapadakategoricukup, sedangkansiklus II mengalamipeningkatan yang beradapadakategoribaik. Hasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikapadasetiapsiklusmengalamipeningkatan, siklus I beradapadakategoricukup, danpadasiklus II hasilbelajarsiswameningkatdengankategoribaik. Kesimpulanhasilpenelitianiniyaitu bahwa denganmenerapkan model pembelajarankooperatiftipeExample Non Example dapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikapada siswa kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:32
Last Modified: 21 Jul 2023 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33123

Actions (login required)

View Item View Item