PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARANIPS KELAS V SD INPRES BAKUNG 2 KECEMATAN BIRING KANAYA KOTA MAKASSAR

AGUSTINA (2023) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKANHASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARANIPS KELAS V SD INPRES BAKUNG 2 KECEMATAN BIRING KANAYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
bagian depan skripsi.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (79kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lampiran foto.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (27kB)

Abstract

AGUSTINA. 2017, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeTeam Assisted Individualization (TAI) Dalam meningkatkan Hail Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V Sekolah Dasar Inpres Bakung 2 Kota Makassar. Skripsi, dibimbing oleh : Bapak Dr. Andi Makkasau, M.Si dan ibu Dr.Hj. Rohana, M.Pd pada program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji masalah tentang rendahnya hasil belajar murid kelas V SD Inpres Bakung 2 kelas Vb melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization . Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang penerapan model pembelajaranTeam Assistid Individualization (TAI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran TAI dalam pembelajaran dan hasil belajar murid? ,bagaimana Penerapan Model Pebelajaran TAI pada mata pelajaran IPS meningkatkan hasil belajaran murid? . penelitian ini bertujuan untuk mendeskrifsikan gambaran pengunaan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI dan hasil belajar murid ,memperoleh informasi tentang penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI dan menigkatkan hasil belajar murid. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua Siklus melalui 4 tahap yaitu,perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan ini peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi,tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah kuanlitatif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas guru berada pada kategori cukup sedangkan Siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Model yang tepat untuk pembelajaran IPS yaitu Hasil belajar dapat menigkat setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:41
Last Modified: 20 Jul 2023 03:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33093

Actions (login required)

View Item View Item