PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA KELAS V SDN NO. 12 PATTE’NE KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR

NUR IRNAH (2023) PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA KELAS V SDN NO. 12 PATTE’NE KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.rtf

Download (545kB)
[img] Text
2. SAMPUL II.docx

Download (52kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.docx

Download (34kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.docx

Download (30kB)
[img] Text
5. BAB I.rtf

Download (301kB)
[img] Text
6. BAB II.rtf

Download (208kB)
[img] Text
7. BAB III.rtf

Download (265kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.docx

Download (3MB)
[img] Text
12. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Nur Irnah. 2017. Penerapan Strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Pada Siswa Kelas V SDN No.12 Patte’ne Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing Oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Muhammad Irfan S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya kemampuan memahami bacaan pada siswa di kelas V SDN No.12 Patte’ne Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan strategi SQ3R dalam meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa kelas V SDN No. 12 Patte’ne Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar? Adapun tujuan penelitian ini: untuk mendeskripsikan penerapan strategi Survey Question Reading Recite Review (SQ3R) dalam meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa kelas V SDN No. 12 Patte’ne Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian yakni (1) Penerapan Strategi SQ3R dan (2) Kemampuan Memahami Bacaan. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 18 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa hasil observasi mengajar guru berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik. Hasil observasi belajar siswa pada siklus 1 berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya kemampuan memahami bacaan siswa dari kategori tidak tuntas pada siklus 1 menjadi kategori tuntas pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi SQ3R dapat meningkatkan kemampuan memahami bacaan pada siswa kelas V SDN No.12 Patte’ne Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:16
Last Modified: 18 Jul 2023 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33061

Actions (login required)

View Item View Item