PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANMATEMATIKA KELAS IV SD INPRES TIDUNG IIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

PUPUT RIA H. DULU (2023) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANMATEMATIKA KELAS IV SD INPRES TIDUNG IIKECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. Sampul Proposal.doc

Download (89kB)
[img] Text
2. Pernyataan Keaslian Skripsi.doc

Download (59kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
3. BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
4. BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
10. Lampiran 4 (Hasil Analisis Data 1).docx

Download (40kB)
[img] Text
10. Lampiran 4 (Hasil Analisis Data 2).docx

Download (20kB)
[img] Text
11. Lampiran 5 (Dokumentasi).docx

Download (1MB)
[img] Text
12. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (49kB)

Abstract

Puput Ria H. Dulu, 2017. Pengaruh Penggunaan Teknik Token Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan penggunaan Teknik Token Ekonomi, untuk menggambarkan motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan Teknik Token Ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis pre-experiment dengan desain pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Tidung II yang berjumlah 33 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yakni 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar siswa, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Teknik Token Ekonomi dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD Inpres Tidung II memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan pengujian t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil pengukuran motivasi belajar siswa menggunakan angket sebelum dan setelah pembelajaran dengan menerapkan Teknik Token Ekonomi menunjukkan perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Teknik Token Ekonomi memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas IV SD Inpres Tidung II Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 05:54
Last Modified: 18 Jul 2023 05:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33056

Actions (login required)

View Item View Item