HUBUNGAN ANTARA PENGUATAN POSITIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA DI SDN 143 KORONG KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI

Elisa Astriany Burhan (2023) HUBUNGAN ANTARA PENGUATAN POSITIF DENGAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA DI SDN 143 KORONG KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI.

[img] Text
2 sampul dkk.docx

Download (123kB)
[img] Text
3 BAB I.docx

Download (36kB)
[img] Text
4 BAB II.docx

Download (68kB)
[img] Text
5 BAB III.docx

Download (55kB)
[img] Text
8 Lampiran 1.docx

Download (132kB)
[img] Text
9 dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
10 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Elisa Astriany Burhan, 2017. Hubungan antara Penguatan Positif dengan Motivasi Belajar IPS di SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Skripsi. (dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom.,M.Pd dan Dra. Hj. St. Murni, M.Hum). Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini menelaah Hubungan antara Penguatan Positif dengan Motivasi Belajar IPS Siswa di SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya penguatan positif Guru dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah Apakah terdapat hubungan antara penguatan positif dengan motivasi belajar IPS siswa di SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketereratan hubungan antara penguatan positif dengan motivasi belajar IPS siswa di SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah korelasi, Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup penguatan positif dan variabel terikat mencakup motivasi belajar IPS. Adapun populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, VI di SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, VI SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai dengan jumlah siswa 50 siswa.Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis asosiatif dengan teknik korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pemberian penguatan positif dengan motivasi belajar IPS siswa di SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian penguatan positif dengan motivasi belajar IPS siswa di SDN 143 Korong Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:26
Last Modified: 18 Jul 2023 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33047

Actions (login required)

View Item View Item