PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES TANGKALA II KECAMATAN BIRINGKANAYYA KOTA MAKASSAR

MUHAMMAD ALFIAN (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES TANGKALA II KECAMATAN BIRINGKANAYYA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (30kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (119kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (83kB)

Abstract

Muh Alfian. 2016. Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Djohara Nonci,S.Pd,M.Si, dan Khaerunnisa S Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatakan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatakan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan/Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dengan jumlah siswa 30 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) pada siklus I meningkat menjadi kategori cukup (C) dan pada siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Aktivitas siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari kategori kurang (K) pada siklus I meningkat menjadi kategori cukup (C) dan siklus II dari baik (B) menjadi sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas V SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 05:51
Last Modified: 17 Jul 2023 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33020

Actions (login required)

View Item View Item