PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 85 CACALEPPENG KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG

AHDAR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 85 CACALEPPENG KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (43kB)
[img] Text
3 BAGIAN DEPAN.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (57kB)

Abstract

AHDAR, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 85 Cacaleppeng Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Hikmawati Usman, S.Pd.,M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini didasari oleh kenyataan di kelas V SD Negeri 85 Cacaleppeng Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang disebabkan oleh faktor guru dan faktor siswa. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 85 Cacaleppeng. Tujuannya yaitu untuk mendeskripisikan apakah pembelajaran Kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V. Manfaat penelitian meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yaitu (1) Pembelajaran Kooperatif tipe scramble dan (2) Hasil belajar IPS. Subjek yang diamati adalah 1 orang guru dan siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Rancangan tindakan terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori baik sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dikategorikan kurang dan hasil observasi siswa siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar IPS siswa pada siklus I berada pada kategori kurang, ketuntasan belajar hanya mencapai 42, 85% atau dapat dikatakan dari 21 orang siswa hanya 9 siswa yang tuntas sedangkan 12 lainya dikatakan tidak tuntas. Sedangkan hasil belajar IPS siswa pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Nilai rata-rata kelas yang dicapai yaitu 82.38 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 100% Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD. Negeri 85 Cacaleppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:04
Last Modified: 17 Jul 2023 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33007

Actions (login required)

View Item View Item