PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES BANGKALA II MAKASSAR

FITRI AMALIYAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD INPRES BANGKALA II MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (46kB)
[img] Text
SAMPUL LENGKAP.docx

Download (64kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI .docx

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-3.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 4.docx

Download (26kB)
[img] Text
Lampiran 5-7.docx

Download (30kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)

Abstract

Fitri Amaliyah, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Inpres Bangkala II Makassar. Skripsi dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd dan Dr. Ratmawati, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Bangkala II Makassar. Rumusan masalah adalah bagaimanakah meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Inpres Bangkala II Makassar dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Tipe Script?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe script pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Bangkala II Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Bangkala II Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran yaitu pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes keterampilan membaca siswa. Peningkatan dapat dilihat pada hasil keterampilan membaca siswa yang meningkat. Pada hasil tes siklus I berada pada kategori kurang (K), sedangkan hasil tes siklus II meningkat dengan kategori baik (B). Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup (C) dan pertemuan II berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B) dan pertemuan II berada kategori baik (B). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I berada pada kategori cukup (C) dan pertemuan II berada pada kategori cukup (C) dan siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B) dan pertemuan II berada pada baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Tipe Script dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Bangkala II Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jul 2023 05:42
Last Modified: 12 Jul 2023 05:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32869

Actions (login required)

View Item View Item