PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES MALLENGKERI 1 KEC.TAMALATE KOTA MAKASSAR

ROSIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES MALLENGKERI 1 KEC.TAMALATE KOTA MAKASSAR.

[img] Text
PERSEUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (65kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB 1, 2,3,4,5.docx

Download (175kB)
[img] Text
Lampiran 1 RPP 1,1.docx

Download (46kB)
[img] Text
lampiran 5 RPP pert 2 siks 1.docx

Download (90kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (52kB)

Abstract

Rosiana, 2016. Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri I Kec.Tamalate Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing Oleh Hamzah Pagarra S.Kom.,M.Pd dan Dr.Latang.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri 1 Kec.Tamalate Kota Makassar.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri 1 Kec.Tamalate kota Makassar? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri 1 Kec.Tamalate Kota Makassar. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika Model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation diterapkan dalam pembelajaran IPA maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Mallengkeri 1 Kec.Tamalate Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. fokus penelitian penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri 1 Kec.Tamalate kota Makassar. dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru kelas dan siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dengan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajara Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan terjadinya persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Inpres Mallengkeri 1 Kec.Tamalate Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:04
Last Modified: 11 Jul 2023 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32840

Actions (login required)

View Item View Item