Suryani (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUIMODELPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA SISWA KELAS VSD NEGERI LABUANGBAJI I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.
Text
HALAMAN SAMPUL.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (44kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (53kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (121kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (28kB) |
Abstract
Suryani.2015. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Kelas V SD Negeri Labuang Baji I Kecamatan Mamajang Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dr.HasaruddinHafid, M. Ed dan Ahmad Syawaluddin, S. Kom, M. Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelinadalahpenelitiantindakankelas.Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyahasilbelajar IPA padasiswakelas V SDNegeriLabuangBaji I KecamatanMamajang Kota Makassar.RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahBagaimanakahhasilbelajar IPA dapatmeningkatkanmelalui model pembelajarankooperatiftipe STAD padasiswakelas V SD NegeriLabuangBaji I KecamatanMamajang Kota Makassar.TujuanpenelitianadalahuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarIPA melalui model pembelajarankooperatiftipe STAD padasiswakelas V SD NegeriLabuangBaji I KecamatanMamajang Kota Makassar.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasterdiridari 2 siklus, dansetiapsiklusterdiriatas2 kali pertemuan.Subjekpenelitianadalahsiswakelas V sebanyak 30 orang yang terdiridari 16 laki-lakidan 14 perempuan.Prosedurpenelitianinidilakukansebanyakduasiklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuandansiklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan.Data dikumpulkanmelaluites, observasi, dandokumentasi, selanjutnyadianalisissecaradeskriptif.Fokuspenelitianiniadalahpenerapan model pembelajaranpembelajarantipe STAD danhasilbelajarsiswa. Hasilpenelitian, yaitu: hasilbelajarsiswaberdasarkantespratindakan atau tes awal, rata-rata hasil belajar siswa adalah 65. Dari30siswa, terdapat63,33persen yang tidaktuntasbelajarnyasesuaistandar KKM 75 atauhanya36,67persen yang tuntasbelajarnya.Kemudianhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPA di kelas V SD NegeriLabuangBaji I Kota Makassar padasikluspertamabelummemenuhiketuntasanbelajar yang diharapkan.Berdasarkan standar KKM yang ditetapkan yaitu 75 hanya terdapat66,67persen yang tuntasbelajarnya, sedangkan 33,33 persen yang tidak tuntasbelajarnya.Kemudianpada sikluskeduaketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 86,67 persen dantelahmemenuhiketuntasanbelajar yang diharapkan, sedangkan ketidaktuntasan belajar siswa hanya 13,33 persen.Kesimpulanhasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPA dapatditingkatkanmelaluimodel pembelajaranKooperatiftipe STAD di kelas V SD NegeriLabuangBaji I KecamatanMamajang Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 01:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 01:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32830 |
Actions (login required)
View Item |