PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUIMODELPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA SISWA KELAS VSD NEGERI LABUANGBAJI I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

Suryani (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUIMODELPEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) PADA SISWA KELAS VSD NEGERI LABUANGBAJI I KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (121kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (28kB)

Abstract

Suryani.2015. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Siswa Kelas V SD Negeri Labuang Baji I Kecamatan Mamajang Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dr.HasaruddinHafid, M. Ed dan Ahmad Syawaluddin, S. Kom, M. Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelinadalahpenelitiantindakankelas.Masalahdalampenelitianiniadalahrendahnyahasilbelajar IPA padasiswakelas V SDNegeriLabuangBaji I KecamatanMamajang Kota Makassar.RumusanmasalahdalampenelitianiniadalahBagaimanakahhasilbelajar IPA dapatmeningkatkanmelalui model pembelajarankooperatiftipe STAD padasiswakelas V SD NegeriLabuangBaji I KecamatanMamajang Kota Makassar.TujuanpenelitianadalahuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarIPA melalui model pembelajarankooperatiftipe STAD padasiswakelas V SD NegeriLabuangBaji I KecamatanMamajang Kota Makassar.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelasterdiridari 2 siklus, dansetiapsiklusterdiriatas2 kali pertemuan.Subjekpenelitianadalahsiswakelas V sebanyak 30 orang yang terdiridari 16 laki-lakidan 14 perempuan.Prosedurpenelitianinidilakukansebanyakduasiklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuandansiklus II dilaksanakan 2 kali pertemuan.Data dikumpulkanmelaluites, observasi, dandokumentasi, selanjutnyadianalisissecaradeskriptif.Fokuspenelitianiniadalahpenerapan model pembelajaranpembelajarantipe STAD danhasilbelajarsiswa. Hasilpenelitian, yaitu: hasilbelajarsiswaberdasarkantespratindakan atau tes awal, rata-rata hasil belajar siswa adalah 65. Dari30siswa, terdapat63,33persen yang tidaktuntasbelajarnyasesuaistandar KKM 75 atauhanya36,67persen yang tuntasbelajarnya.Kemudianhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPA di kelas V SD NegeriLabuangBaji I Kota Makassar padasikluspertamabelummemenuhiketuntasanbelajar yang diharapkan.Berdasarkan standar KKM yang ditetapkan yaitu 75 hanya terdapat66,67persen yang tuntasbelajarnya, sedangkan 33,33 persen yang tidak tuntasbelajarnya.Kemudianpada sikluskeduaketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 86,67 persen dantelahmemenuhiketuntasanbelajar yang diharapkan, sedangkan ketidaktuntasan belajar siswa hanya 13,33 persen.Kesimpulanhasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPA dapatditingkatkanmelaluimodel pembelajaranKooperatiftipe STAD di kelas V SD NegeriLabuangBaji I KecamatanMamajang Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:44
Last Modified: 11 Jul 2023 01:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32830

Actions (login required)

View Item View Item