PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MURID KELAS V SDN 103 TADANG PALIE KECAMATAN PAMMANA KABUPATEN WAJO

SYAIFULLAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MURID KELAS V SDN 103 TADANG PALIE KECAMATAN PAMMANA KABUPATEN WAJO.

[img] Text
SAMPUL DLL.docx

Download (41kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING skripsi.docx

Download (156kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB I II III - Copy.docx

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)

Abstract

SYAIFULLAH, 2016 : Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Pada Murid Kelas V SDN 103 Tadang Palie Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Skripsi, di bimbing oleh: Hj. Nuhaedah, S.Pd, M.Hum dan Dr. Usman Bafadal, M.Si.Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini didesain oleh kenyataan rendahnya pemahaman siswa dalam memahami konsep penjumlahan bilangan bulat. Hal ini disebabkan karena guru menggunakan metodeceramah dalam menanamkan konsep penjumlahan bilangan bulat terhadap siswa. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Discovery dalam meningkatkan hasil belajar matematika (konsep penjumlahan bilangan bulat) di Kelas V SDN 103 Tadang Palie Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Discovery dalam meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan pada murid Kelas V SDN 103 Tadang Palie Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 103 Tadang Palie Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo dengan jumlah siswa 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi,tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisiskualitatif. Hasil penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran konsep penjumlahan bilangan bulat di Kelas V SDN 103 Tadang Palie Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Pada siklus pertama hasil belajar siswa ada 11 orang siswa yang mencapai nilai ketuntasan, dan ada 9 siswa yang tidak tuntasataumasukdalamkategorikurang, dan pada siklus kedua seluruh siswa yang berjumlah 20 orang siswa yang mencapai nilai ketuntasan dan masuk pada kategori Sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran konsep penjumlahan bilangan bulat pada siswa Kelas V SDN 103 Tadang Palie Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:20
Last Modified: 11 Jul 2023 01:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32827

Actions (login required)

View Item View Item