Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualiztion (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep

St. Namirah Hk (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualiztion (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (48kB)
[img] Text
Sampul Halaman2, dll.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I, II, III.docx

Download (123kB)
[img] Text
BAB IV, V.docx

Download (69kB)
[img] Text
09. SURAT PENELITIAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
8. DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
7. Lembar Hasil kerja SIswa.docx

Download (15kB)
[img] Text
6. PERBANDINGAN HASIL SIKLUS I & II.docx

Download (21kB)
[img] Text
4. LEMBAR OBSERVASI SISWA.docx

Download (503kB)
[img] Text
2. SILABUS PEMBELAJARAN TAI siklus 1pert 1.docx

Download (48kB)
[img] Text
1. RPP & LK SISWA.docx

Download (575kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Team Assisted Individualizatioan (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penerapan model Team Assisted Individualization (TAI) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Berdasarkan hasil observasi aktifitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan meningkat pada hasil observasi siklus II yaitu menjadi baik. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes hasil belajar siswa meningkat dari sikulus I berada dalam kategori cukup dan meningkat pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan Model Team Assisted Individualiualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 23 Kanaungan Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:20
Last Modified: 27 Jun 2023 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31935

Actions (login required)

View Item View Item