Hasniah (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.
Text
sampul ke 2.docx Download (50kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI. daftar pustaka.docx Download (35kB) |
|
Text
BAB 1,2,3.docx Download (76kB) |
|
Text
BAB IV-V.docx Download (47kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (45kB) |
|
Text
surat persetujuan Pembimbing.docx Download (39kB) |
|
Text
lampiran 1.docx Download (170kB) |
|
Text
lampiran 2.docx Download (336kB) |
|
Text
lampiran 4.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
lampiran 19.docx Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa. Rumusan masalah adalah bagaimanakah Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Kooperatif Tipe Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Example Non Example dengan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah satu orang guru dan semua siswa kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi . Hasil analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deakriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kualitas pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I berada pada kategori cukup, dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V SD Negeri Moncobalang 1 Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 01:43 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 01:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31897 |
Actions (login required)
View Item |