PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 4 KALENRUNGE LALABATA KELURAHAN BOTTO KOTA WATANSOPPENG

ERIANI NUR SAPUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SDN 4 KALENRUNGE LALABATA KELURAHAN BOTTO KOTA WATANSOPPENG.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (50kB)
[img] Text
PERSETUJUAN-PEMBIMBING-YUDISIUM.docx

Download (76kB)
[img] Text
pengesahan ujian skripsi.docx

Download (57kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI riri.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I-IV.docx

Download (79kB)
[img] Text
Lampiran FIX.docx

Download (2MB)

Abstract

Eriani Nur Saputri,2016. Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap HasilBelajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA SDN 4 Kalenrunge Lalabata Kelurahan Botto Kota Watansoppeng. Skripsi dibimbing oleh Widya Karmilasari A. S.Pd.,M.Pd dan Drs.M.Ali Latif Amri M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Kalenrunge Lalabata Kelurahan Botto Kota Watansoppeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran kemampuan siswa dalam mata pelajaran IPA sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Scaffolding pada siswa kelas V SDN 4 Kalenrunge Kota Watansoppeng? Dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Scaffolding terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 Kalenrunge Kacamatan Lalabata Kota Watansoppeng? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Scaffolding terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 Kalenrunge Kecamatan Lalabata Kota Watansoppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah percobaan, dengan tahap tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mecakup metode scaffolding dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPA. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Kalenrunge Lalabata Kelurahan Botto Kota Watansoppeng dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode scaffolding terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 4 Kalenrunge Kecamatan Lalabata Kota Watansoppeng. Kesimpulan penelitian ini adalah metode scaffolding memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa SDN 4 Kalenrunge Kecamatan Lalabata Kota Watansoppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:15
Last Modified: 23 Jun 2023 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31212

Actions (login required)

View Item View Item