Astriyani daeng selvi G. (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD INPRES MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
sampul.docx Download (25kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (15kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR BAGAN.docx Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (15kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (64kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (34kB) |
Abstract
Astriyani daeng selvi G. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar, Skripsi, Dibimbing oleh: Dr. Andi Makkasau, M.Si. dan Dr. Hj. Rohana. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran hasil belajar model pembelajaran berbasis masalah?; (2) bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah? dan (3) bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan gambaran model pembelajaran berbasis masalah; (2) untuk mendeskripsikan gambaran hasil belajar model pembelajaran berbasis masalah, dan (3) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan; (2) Hasil belajar siswa pada siklus I belum berada pada kategori cukup, pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat berada pada kategori sangat baik dan (3) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 02:31 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 02:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31196 |
Actions (login required)
View Item |