SRI NURSAKTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
0. SAMPUL.docx Download (32kB) |
|
Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (34kB) |
|
Text
2. BAB I.docx Download (42kB) |
|
Text
2. BAB II.docx Download (95kB) |
|
Text
3. BAB III.docx Download (55kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka.docx Download (28kB) |
|
Text
16. Lampiran Nilai.docx Download (69kB) |
|
Text
20. Lampiran Pretes dan Postes.docx Download (2MB) |
|
Text
21. RIWAYAT HIDUP.docx Download (40kB) |
Abstract
Sri Nursakti, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah A, M.Si dan Dr. Andi Makkasau, M.Si; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)?; (2) bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Perumnas sebelum dan setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)? dan (3) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT); (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Perumnas dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas VA dan VB sebanyak 72 orang, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 2,01 sedangkan ttabel sebesar 1,99 (thitung = 2,01 > ttabel = 1,99). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 01:40 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 01:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31185 |
Actions (login required)
View Item |