PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

SRI NURSAKTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD INPRES PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
0. SAMPUL.docx

Download (32kB)
[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (34kB)
[img] Text
2. BAB I.docx

Download (42kB)
[img] Text
2. BAB II.docx

Download (95kB)
[img] Text
3. BAB III.docx

Download (55kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.docx

Download (28kB)
[img] Text
16. Lampiran Nilai.docx

Download (69kB)
[img] Text
20. Lampiran Pretes dan Postes.docx

Download (2MB)
[img] Text
21. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (40kB)

Abstract

Sri Nursakti, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah A, M.Si dan Dr. Andi Makkasau, M.Si; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)?; (2) bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Inpres Perumnas sebelum dan setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT)? dan (3) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT); (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V setelah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan (3) pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Perumnas dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas VA dan VB sebanyak 72 orang, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data menggunakan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 2,01 sedangkan ttabel sebesar 1,99 (thitung = 2,01 > ttabel = 1,99). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:40
Last Modified: 23 Jun 2023 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31185

Actions (login required)

View Item View Item