Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar

Ernisa Hardiani, (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar.

[img] Text
SAMPUL DLL.docx

Download (477kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (31kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (8MB)

Abstract

Ernisa Hardiani, 2017. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh Widya Karmila Sari Achmad, S.Pd, M.Pd dan Hj. Nurhaedah S.Pd, M.Hum, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Lariang Bangi III, bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Lariang Bangi III kecamatan makassar kota makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar, (2) bagaimanakah gambaran motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar, serta (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain pre eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel yang diambil dari seluruh anggota populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Kesimpulan pada penelitian ini adalah: (1) Penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan aktivitas proses pembelajaran di setiap pertemuannya. 2) Motivasi belajar IPS siswa pada pretest berada pada kategori sedang dan posttest berada pada kategori sangat tinggi. (3) penggunaan media audio visual berpengaruh positif terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Lariang Bangi III Kecamatan Makassar Kota Makassar. Kata Kunci: MotivasiBelajar, Media Audio Visual, PembelajaranIPS

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Jun 2023 05:51
Last Modified: 22 Jun 2023 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/31025

Actions (login required)

View Item View Item