PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING (GAME EDUCATION, BRAIN GYM, DAN HUMOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELASIVA SD INPRES UNGGULAN TODDOPULI KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

APRIYANTI SARI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK ICE BREAKING (GAME EDUCATION, BRAIN GYM, DAN HUMOR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELASIVA SD INPRES UNGGULAN TODDOPULI KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dll.docx

Download (79kB)
[img] Text
1. BAB 1.docx

Download (43kB)
[img] Text
2. BAB II.docx

Download (72kB)
[img] Text
3. BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.docx

Download (30kB)
[img] Text
7. Lampiran.docx

Download (445kB)
[img] Text
8. Lampiran.docx

Download (34kB)
[img] Text
10. Dokumentasi.docx

Download (12MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (38kB)

Abstract

Apriyanti Sari, 2017. Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking (Game Education, Brain Gym, Dan Humor) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVA SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. dan Nasaruddin., S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran IPA hanya sebagian kecil yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, banyak siswa tidak fokus dengan pembelajaran, banyak siswa tidak fokus dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah gambaran penggunaan teknik Ice Breaking (game education, brain gym, dan humor) kelas IVA SD Inpres Unggulan Toddopuli Kecamatan Panakkukang Kota makassar? Bagaimana hasil belajar sebelum dan setelah penggunaan teknik Ice Breaking (game education, brain gym, dan humor)? apakah terdapat pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking (game education, brain gym, dan humor) terhadap hasil belajar siswa?.Untuk mengetahui gambaran penggunaan teknik Ice Breaking (game education, brain gym, dan humor).Untuk mengetahui gambaran hasil belajar sebelum dan setelah penggunaan teknik Ice Breaking. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking (game education, brain gym, dan humor) terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup teknik Ice Breaking (game education, brain gym, dan humor), variabel terikat mencakup hasil belajar IPA. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dan sampel dari peneitian ini yaitu kelas IVA. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum pemberian treatment berupa teknik Ice Breaking pada kelas IVA yaitu dibawah nilai rata-rata(mean) KKM. Hasil belajar siswa setelah pemberian treatment berupa teknik Ice Breaking pada kelas IVA yaitu diatas nilai rata-rata (mean) KKM. dan gambaran proses pembelajaran yang berlangsung berada pada kategori baik dan persentase kategori untuk setiap pertemuan meningkat. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan teknik Ice Breaking terhadap hasil belajar siswa dan gambaran proses pembelajaran yang berlangsung berada pada kategori baik.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:49
Last Modified: 20 Jun 2023 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30611

Actions (login required)

View Item View Item