PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NANI AKHRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL depan.docx

Download (24kB)
[img] Text
SAMPUL HALAMAN ii.docx

Download (25kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (23kB)
[img] Text
MOTO.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (36kB)
[img] Text
daftar pustaka lanjutan.docx

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 SILABUS PEMBELAJARAN.docx

Download (26kB)
[img] Text
lampiran 2 RPP SIKLUS I PERT I.docx

Download (467kB)
[img] Text
lampiran 3 RPP SIKLUS I PERT II.docx

Download (54kB)
[img] Text
LAMPIRAN 34 DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (45kB)

Abstract

NANI AKHRIANI. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. dan Sumarlin Mus S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu (1) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jun 2023 05:45
Last Modified: 20 Jun 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30570

Actions (login required)

View Item View Item