NANI AKHRIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL depan.docx Download (24kB) |
|
Text
SAMPUL HALAMAN ii.docx Download (25kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (23kB) |
|
Text
MOTO.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (36kB) |
|
Text
daftar pustaka lanjutan.docx Download (19kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 SILABUS PEMBELAJARAN.docx Download (26kB) |
|
Text
lampiran 2 RPP SIKLUS I PERT I.docx Download (467kB) |
|
Text
lampiran 3 RPP SIKLUS I PERT II.docx Download (54kB) |
|
Text
LAMPIRAN 34 DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (5MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (45kB) |
Abstract
NANI AKHRIANI. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. dan Sumarlin Mus S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Fokus penelitian ini difokuskan pada dua aspek yaitu (1) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diolah melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I termasuk kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di kelas V SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 05:45 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 05:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30570 |
Actions (login required)
View Item |