PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 164 TOSORA KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO

MUHAMMAD JUNIAWAN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 164 TOSORA KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO.

[img] Text
1.HALAMAN SAMPUL.doc

Download (35kB)
[img] Text
2.Halaman Judul DLL.docx

Download (48kB)
[img] Text
3.BAB 1 II III.docx

Download (70kB)
[img] Text
5.DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
19.LAMPIRAN 16 LEMBAR OBSERVASI KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SIKLUS 2 PERT 2.docx

Download (31kB)
[img] Text
20.LAMPIRAN 17 FORMAT LEMBAR OBSERVASI SISWA.docx

Download (22kB)
[img] Text
21.LAMPIRAN 18 LEMBAR VALIDASI TES KETERAMPILAN BERBICARA.docx

Download (21kB)
[img] Text
23.LAMPIRAN 20 TABEL SIKLUS 2.docx

Download (20kB)
[img] Text
26.dokumentasi.docx

Download (977kB)
[img] Text
28.RIWAYAT HIDUP.docx

Download (44kB)

Abstract

MUHAMMAD JUNIAWAN, 201: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 164 Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Skripsi, dibimbing oleh: Nurhaedah, S.Pd, M.Pd. dan Dr. Arnidah, S.Pd. M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa dalam penyebutan lafal, kosakata, struktur, materi dan kelancaran dalam membaca. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 164 Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 164 Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 164 Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo dengan jumlah siswa 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu siklus pertama hasil observasi dan hasil belajar pada siklus I ada 9 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas, pada pertemuan ke II ada 8 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang tidak tuntas dari keseluruhan siswa. Hasil penelitian yaitu siklus pertama hasil observasi dan hasil belajar pada siklus II ada 12 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak tuntas, pada pertemuan ke II semua siswa tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script dapat meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 164 Tosora Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 06:10
Last Modified: 19 Jun 2023 06:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30328

Actions (login required)

View Item View Item