WERNI SUSANTI (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SD INPRES PERUMNAS III KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (43kB) |
|
Text
Persetujuan Pembimbing untuk tutup.docx Download (39kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (38kB) |
|
Text
1. LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
|
Spreadsheet
2 Lampiran 1 lembar observasi.xlsx Download (19kB) |
|
Text
8.daftar nilai kelas E.K.docx Download (33kB) |
|
Text
9.daftar nilai K.K.docx Download (34kB) |
|
Text
10 Lampiran ke 10dokumentasi.docx Download (1MB) |
Abstract
Werni Susanti, 2017.Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar.Skripsi.Dibimbing oleh Dr.Erma Suryani Sahabuddin ,M.Si dan Dra.Hj Johara Nonci.,M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Peneliti menelaah rumusan masalah yang dikaji adalah Bagaimana gambaran pelaksanaan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Setelah Diajarkan Menggunakan Metode Eksperimen dan diajarkan Menggunakan Pembelajaran Langsung dan Bagaimana Gambaran Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebelum dan Setelah Diajar Menggunakan Metode Eksperimen dan diajarkan Menggunakan Pembelajaran Langsung serta Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Setelah Diajarkan Menggunakan Metode Eksperimen dan diajarkan Menggunakan Pembelajaran Langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diajar menggunakan metode eksperimen maupun siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung dan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Dilihat dari perbedaan hasil belajar setelah diajar menggunakan metode eksperimen dan diajar menggunakan pemebelajaran langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design yang merupakan jenis desain penelitian quasi experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan kelas IVB dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial.hasil keterlaksanaan motode persentase rata-rata kategori baik. Hasil belajar siswa berdasarkan penelitian diberikan tes menunjukkan adanya peningkatan pemberian pretes dan posttest. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berarti penerapan metode eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada kelas IV.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 03:34 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 03:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30303 |
Actions (login required)
View Item |