PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SD INPRES PERUMNAS III KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

WERNI SUSANTI (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS IV SD INPRES PERUMNAS III KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (43kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing untuk tutup.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
1. LAMPIRAN.docx

Download (12kB)
[img] Spreadsheet
2 Lampiran 1 lembar observasi.xlsx

Download (19kB)
[img] Text
8.daftar nilai kelas E.K.docx

Download (33kB)
[img] Text
9.daftar nilai K.K.docx

Download (34kB)
[img] Text
10 Lampiran ke 10dokumentasi.docx

Download (1MB)

Abstract

Werni Susanti, 2017.Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD Inpres Perumnas III Kecamatan Rappocini Kota Makassar.Skripsi.Dibimbing oleh Dr.Erma Suryani Sahabuddin ,M.Si dan Dra.Hj Johara Nonci.,M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Peneliti menelaah rumusan masalah yang dikaji adalah Bagaimana gambaran pelaksanaan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)Setelah Diajarkan Menggunakan Metode Eksperimen dan diajarkan Menggunakan Pembelajaran Langsung dan Bagaimana Gambaran Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebelum dan Setelah Diajar Menggunakan Metode Eksperimen dan diajarkan Menggunakan Pembelajaran Langsung serta Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Setelah Diajarkan Menggunakan Metode Eksperimen dan diajarkan Menggunakan Pembelajaran Langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diajar menggunakan metode eksperimen maupun siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran langsung dan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Dilihat dari perbedaan hasil belajar setelah diajar menggunakan metode eksperimen dan diajar menggunakan pemebelajaran langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design yang merupakan jenis desain penelitian quasi experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan kelas IVB dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial.hasil keterlaksanaan motode persentase rata-rata kategori baik. Hasil belajar siswa berdasarkan penelitian diberikan tes menunjukkan adanya peningkatan pemberian pretes dan posttest. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berarti penerapan metode eksperimen berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pada kelas IV.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:34
Last Modified: 19 Jun 2023 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30303

Actions (login required)

View Item View Item