MUHAMMAD RINALDI S (2023) PENERAPAN MODEL TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD INPRES MANGASA KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.
Text
1. sampul halaman judul.docx Download (25kB) |
|
Text
1. halaman sampul.docx Download (25kB) |
|
Text
2 lembar pengeshan.docx Download (160kB) |
|
Text
5. motto dan peruntukkan rey.docx Download (15kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (13kB) |
|
Text
6. Abstrak.docx Download (15kB) |
|
Text
7. prakata.docx Download (18kB) |
|
Text
bab 1.docx Download (31kB) |
|
Text
bab 2.docx Download (40kB) |
|
Text
bab 3.docx Download (33kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (16kB) |
|
Text
isi lampiran.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (126kB) |
Abstract
Muhammad Rinaldi S 2017. Penerapan model Two Stay Two Stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Mangasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi, Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus S.Pd, M.Pd dan Dra. St. Habibah, M.Si . Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Mangasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah bagaimana cara mendeskripsikan penerapan model Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Mangasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan hasil belajar IPS dengan menggunakan Model Two Stay Two Stray pada siswa kelas V SD Inpres Mangasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penereapan model Two Stay Two Stray dan hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah murid 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam proses pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan murid maupun hasil belajar murid. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus, aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan rendah sedangkan pada siklus II aktivitas guru dalam kategori baik dan hasil belajar siswa tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan adanya aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Mangasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 02:40 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 02:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30124 |
Actions (login required)
View Item |