Nurhikmasari (2023) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa di Kelas VA SD Negeri Kompleks IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar.
Text
2 sampul.pdf Download (107kB) |
|
Text
3. PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf Download (97kB) |
|
Text
4 pernyataan keaslian.pdf Download (6kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERSETUJUAN UNTUK YUDISIUM.pdf Download (97kB) |
|
Text
5 moto.pdf Download (5kB) |
|
Text
6 abstrak fix.pdf Download (164kB) |
|
Text
7 PRAKATA.pdf Download (85kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) |
|
Text
1. BAB 1-3.pdf Download (258kB) |
|
Text
2. BAB IV FIX.pdf Download (250kB) |
|
Text
3. BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
Text
18. SCAN DAN SURAT.pdf Download (2MB) |
|
Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (90kB) |
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VA SD Negeri Kompleks IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa di kelas VA SD Negeri Kompleks IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar? untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa di kelas VA SD Negeri Kompleks IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah satu orang guru dan siswa kelas VA SD Negeri Kompleks IKIP Kecamatan Rappocini Kota Makassar yang berjumlah 47 orang. Fokus penelitian ini adalah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi yaitu aktifitas guru dan siswa selama proses pelaksanaan tindakan, sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus pertama dalam kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori baik. Sedangkan, aktivitas belajar siswa pada siklus 1 dalam kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat menjadi kategori baik. Hasil tes belajar matematika siswa siklus 1 berada pada kategori tidak tuntas dan siklus 2 meningkat dengan kategori tuntas. Dengan demikian, penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada kelas VA dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:25 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:25 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30097 |
Actions (login required)
View Item |