PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS ANTANG II KOTA MAKASSAR

HERVINASARI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS ANTANG II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (35kB)
[img] Text
Bagian Depan.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (54kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT Hidupp.docx

Download (72kB)

Abstract

HERVINASARI, 2017, Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd; Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa karena belum optimalnya pendekatan pembelajaran yang digunakan guru. Adapun rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Antang II kota Makassar ? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Antang II kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah seorang guru dan siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar Tahun Ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual meningkatkan aktivitas guru yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik, dan begitu pula pada siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan kontekstual secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Antang II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 05:31
Last Modified: 15 Jun 2023 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30085

Actions (login required)

View Item View Item