PENGARUH TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS III SD INPRES JE’NETALLASA KECAMATAN PALLANGGAKABUPATEN GOWA

HANRIANI SYUKUR (2023) PENGARUH TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS III SD INPRES JE’NETALLASA KECAMATAN PALLANGGAKABUPATEN GOWA.

[img] Text
1. sampul dll.docx

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (25kB)
[img] Text
lampiran 11 HASIL ANALISIS STATISTIK INTERFERENSIAL PRETEST DAN POSTTEST KELAS EKSPERIMEN DAN KELAS KON~0.docx

Download (31kB)
[img] Text
Lampiran 9 Data Pretest KE dan KK.docx

Download (79kB)
[img] Text
lampiran 14 dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (54kB)

Abstract

Hanriani Syukur. 2018. Pengaruh tipe mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) Kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si., dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran tipe mind mapping pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa; (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa; (3) bagaimanakah pengaruh tipe mind mapping terhadap hasil belajar IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk gambaran tipe mind mapping pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa; (3) untuk mengetahui pengaruh tipe mind mapping terhadap hasil belajar IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tipe mind mapping sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Jumlah populasi yaitu 50 siswa. Sampel penelitian dipilih secara random sampling dengan menggunakan sampel sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji manual. Berdasarkan data diperoleh perbandingan rata-rata nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 85,40 > 79,20 dengan distribusi t sebesar 2,4868 > 1,6772 yang berarti Ho ditolak dan Ho diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh tipe mind mapping terhadap hasil belajar IPS klas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:07
Last Modified: 15 Jun 2023 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30067

Actions (login required)

View Item View Item