HANRIANI SYUKUR (2023) PENGARUH TIPE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS III SD INPRES JE’NETALLASA KECAMATAN PALLANGGAKABUPATEN GOWA.
Text
1. sampul dll.docx Download (147kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (28kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (71kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (44kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (25kB) |
|
Text
lampiran 11 HASIL ANALISIS STATISTIK INTERFERENSIAL PRETEST DAN POSTTEST KELAS EKSPERIMEN DAN KELAS KON~0.docx Download (31kB) |
|
Text
Lampiran 9 Data Pretest KE dan KK.docx Download (79kB) |
|
Text
lampiran 14 dokumentasi.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (54kB) |
Abstract
Hanriani Syukur. 2018. Pengaruh tipe mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) Kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si., dan Nurhaedah, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Rumusan masalahnya adalah (1) bagaimanakah gambaran tipe mind mapping pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa; (2) bagaimanakah gambaran hasil belajar IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa; (3) bagaimanakah pengaruh tipe mind mapping terhadap hasil belajar IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk gambaran tipe mind mapping pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa; (2) untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa; (3) untuk mengetahui pengaruh tipe mind mapping terhadap hasil belajar IPS kelas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tipe mind mapping sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Jumlah populasi yaitu 50 siswa. Sampel penelitian dipilih secara random sampling dengan menggunakan sampel sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji manual. Berdasarkan data diperoleh perbandingan rata-rata nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 85,40 > 79,20 dengan distribusi t sebesar 2,4868 > 1,6772 yang berarti Ho ditolak dan Ho diterima. Sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh tipe mind mapping terhadap hasil belajar IPS klas III SD Inpres Je’netallasa Kecamatan pallangga Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 03:07 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 03:07 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30067 |
Actions (login required)
View Item |