PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

Nurul Ismi (2023) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES UNGGULAN BTN PEMDA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (34kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
sampul dkk.rtf

Download (116MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda yang disebabkan oleh pembelajaran yang kurang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan pemberian reward dan punishment pada pembelajaran matematika siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar? (3) Apakah terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian reward dan punishment sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Jumlah populasi yaitu 563 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB dan kelas VC dengan jumlah 80 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pemberian reward dan punishment di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar dapat dikatakan baik dilihat dari aktivitas guru dalam pembelajaran yang memberikan beragam reward dan punishment dengan baik. Dengan adanya pemberian reward dan punishment, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil analisis Independent Sample T-Test nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil Sig. (2-tailed)<0,05 yang berarti terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar matematika siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:38
Last Modified: 15 Jun 2023 02:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30058

Actions (login required)

View Item View Item