PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPEARTIF INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR

HERIANTO (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPEARTIF INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS III SD KOMPLEKS LARIANG BANGI KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul dkk.docx

Download (95kB)
[img] Image
Persetujuan Pembimbing.jpg

Download (3MB)
[img] Image
Pengesahan Ujian Skripsi.jpg

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I-V.docx

Download (105kB)
[img] Text
9 Tabel Statistik.docx

Download (27kB)
[img] Text
10 Lembar Observasi.docx

Download (14MB)
[img] Text
11 Dokumentasi.docx

Download (1MB)
[img] Text
13 Riwayat Hidup.docx

Download (35kB)

Abstract

HERIANTO, 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koopeartif Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SDN Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Suarlin, M.Si dan Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran koopeartif Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Grup Design. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling dari populasi 53 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes kemampuan membaca kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistic inferensial menggunakan uji Independent sample t-Test. Uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov Normality Test dengan nilai Asymp Sig. (2-Tailed) sebesar 0.083 untuk data pretes kelas eksperimen, 0.200 data pretest kelas kontrol dan 0.053 untuk data posttest kelas ekperimen, 0.115 data posttest kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada tes awal (pretest) kelas eksperimen berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 58.66, pretes kelas kontrol berada pada kategori kurang dengan rata-rata 53.05. kemampuan siswa pada tes akhir (posttest) kelas ekperimen berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 78.00 dan kelas kontrol berada pada kategori cukup dengan rata-rata 55,55. Uji hipotesis menggunakan Independent sampel t-Tes dengan p-value Sig. (2-Tailed) yaitu 0.000 < 0.05. kesimpulan penelitian berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran koopeartif Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III SD Kompleks Lariang Bangi Kecamatan Makassar Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:10
Last Modified: 15 Jun 2023 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30045

Actions (login required)

View Item View Item